Sunday, October 27, 2019

Kampoeng Telo - Sarana Edukasi di desa wisata Kandri, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah





Kampoeng Telo


Kampoeng Telo adalah sebuah brand industri kreatif dari produk makanan dan minuman yang mendominasi dengan olahan ketela pohon, tanaman berjenis umbi-umbian  yang kaya akan karbohidrat dan manfaat bagi para konsumennya. Pendiri menyebutnya Kampoeng Telo karena di wilayah tempat tinggalnya memiliki ciri khas dengan banyaknya tanaman ketela pohon dengan kwalitas baik yang menjadi peluang masyarakat setempat untuk mata pencahariannya sebagai petani ketela.

Usaha dari kalangan UMKM ini berlokasi di Jalan Sirawak RT 05 RW 02, Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bertempat di kawasan desa wisata Kandri, usaha Kampoeng Telo menjadi pusat oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan ketika berkunjung. Tak hanya itu, sang pemilik pun mengusung tema nyaman dan santai pada setiap pemasarannya. Juga tidak hanya menjadi pusat oleh-oleh desa Kandri, Kampoeng Telo juga menjadi sarana edukasi bagi kaum pelajar dan mahasiswa. Pasalnya, sang pemilik sering kali mendapat tawaran sebagai tuan rumah study banding dan observasi dengan tujuan menumbuhkembangkan jiwa berwirausaha dengan mengelola sumber daya alam yang ada secara baik dan benar.

Kepeduliannya terhadap pengelolaan lingkungan dapat berdampak baik bagi wilayah setempat. Dengan memasok bahan baku dari petani lokal dapat membuat para petani setempat melancarkan pencahariannya. Perjalanannya yang sempat mengalami jatuh bangun ini sejak tahun 2010 membuat pemilik mendapat banyak pengalaman sekaligus pelajaran tentang segala hal yang dapat memajukan usahanya. Pemilik pun membutuhkan waktu selama dua tahun untuk mendapat pengakuan nama atau hak paten atas produknya. Kini produk hasil usahanya telah dikenal berbagai kalangan sebagai olahan tradisional dengan cita rasa modern karena bahan bakunya yang terbuat dari singkong atau ubi. Beberapa diantaranya adalah singkong meduq atau yang biasa dikenal dengan singkong keju, wingsing atau wingko singkong, es dawet ungu, cake telo, secang, dan masih ada beberapa produk unggulan lainnya yang semuanya berasal dari olahan singkong.

Untuk menggencarkan penjualan produknya, pemilik tak hanya memasang etalase di rumahnya, namun juga membuka lapak di pasar karetan setiap hari Minggu mulai jam 07.00 pagi hingga 12 siang, dengan nama Cafe Telo yang tentu saja memasang tema unik bernuansa tradisional yang dapat menarik perhatian pengunjung untuk berfoto ria sembari menikmati olahan produk ketela. Selain itu produk olahan ketela pohon ini juga sudah bisa dijumpai di pusat oleh-oleh Pandanaran Semarang dan pusat oleh-oleh 58 Semarang, juga kawasan oleh-oleh stasiun Semarang agar pengunjung tak perlu jauh-jauh untuk menikmati olahan singkong tradisional yang menggugah selera. Tak hanya itu, kini usaha Kampoeng Telo juga telah memiliki pemasok untuk reseller memasarkan produk Kampoeng Telo ke beberapa daerah luar Semarang.

Jika anda penasaran dan ingin tahu gambaran sebelum mengunjungi lokasinya, Kampoeng Telo dapat anda jumpai dibeberapa sosial media. Seperti instagram dengan akun @kampoengtelo, twitter dengan akun @Kampoengtelo, facebook dengan akun Kam[oeng Telo, dan dalam situs belanja online tokopedia dengan nama kampoengtelo.




www.kampoengtelo.net/

No comments:

Post a Comment

Hello smart people..! terima kasih telah berkunjung😊
Silahkan tinggalkan pesan dan saran, atau dapat berkunjung pada e-mail yang tercantum untuk berinteraksi dengan penulis akun ini😉
See you...