Friday, April 21, 2023

Kenapa Perempuan Harus Selalu Sempurna?

Katanya, perempuan itu harus cerdas, agar tidak ada lagi kaum yang menindas. Katanya, perempuan itu harus mandiri, agar tidak selalu bergantung pada kaum lelaki. Katanya, perempuan juga harus berani bijaksana, agar tidak selamanya dianggap lemah tak berdaya. Dan katanya, perempuan harus bisa percaya diri, agar tidak diremehkan dalam situasi yang membenci.


Faktanya, pendapat tersebut memang benar adanya. Namun sayang, tak jarang suatu kondisi mengalahkan upaya perempuan untuk membuktikan. Dengan alasan menjadi pemimpin bukanlah qodrat, lantas untuk apa ambil pusing berpendapat?


Padahal, sudah banyak peran yang membuktikan bahwa menjadi pendukung tak selamanya harus berjalan di belakang. 


Jika bukan ahli menjadi pemimpin, perempuan selalu kompeten sebagai pendamping. Jika tak pandai menampung semua rutinitas, perempuan handal sebagai pemilah prioritas. Dan jika sulit meluluhkan ego yang mengeras, perempuan selalu mempunyai sabar yang tak terbatas.


Maka ketika sulit menemukan kriteria sempurna yang sesuai, itu karena perempuan telah menjadi versi terbaik bagi dirinya sendiri.


Lantas jangan terlalu menganggap gagal perempuan sebagai pengampu jabatan, karena perempuan selalu berhasil dalam emansipasi membawa perubahan.


~~

Catatan 8 Maret 2020.

Teruntuk kamu, aku, mereka, dan kita semua yang turut melanjutkan upaya para pelopor emansiasi wanita :

Happy International Women's Day 2020👸🎊



~~

21 April 2023

Kini coretan dinding media yang pernah tersingkir, tepat untuk diunggah kembali sebagai gebrakan diri bahwa tulisan di atas belum sepenuhnya terwujud. Pelopor emansipasi wanita telah membukakan jalan bagi perempuan penerus bangsa untuk mewujudkan perubahan : 

Selamat Hari Kartini 2023


~ Eunoia ~

@_eunoiaku





#kartini'sday 

#harikartini

#kartini

#perempuanpembawaperubahan

#perempuan

#emansipasiwanita 

#wanitamodern

No comments:

Post a Comment

Hello smart people..! terima kasih telah berkunjung😊
Silahkan tinggalkan pesan dan saran, atau dapat berkunjung pada e-mail yang tercantum untuk berinteraksi dengan penulis akun ini😉
See you...